Tipe-Tipe Mechanical Seal

Jual Mechanical Seal – Sungguh sakit kepala saat menyusun penggolongan Mechanical Seal secara obyektif. Setiap Merek/Brand Mechanical Seal punya istilah berbeda untuk bagian-bagian yang sebenarnya sama fungsinya. Kelucuan ini juga terjadi pada parts pompa, namun tidak separah pada Mechanical Seal.

Jangan heran bila antar teknisi maupun insinyur mekanik di pabrik atau bengkel Anda memiliki banyak perbedaan istilah dalam penyebutan spare part Mechanical Seal. Apalagi jika populasi Mechanical Seal di plant Anda bersifat ‘Bhinneka Tunggal Ika’.

Kami berusaha agar semua bisa kami tulis disini namun mungkin tidak begitu lengkap, mengingat pada saat yang sama, kami juga sedang disibukkan menyusun tabel cross referrence istilah-istilah spare part dari seluruh existing mechanical seal yang ada di world wide web. Project pusing namanya.

Pembedaan tipe Mechanical Seal kami susun berdasarkan hal-hal sebagai berikut:

Berdasarkan Cara Pemasangan

Berdasarkan cara pemasangan, seluruh Mechanical Seal di dunia dibagi menjadi 2 tipe:

  1. Basic Mechanical Seal/ Non-Cartridge Mechanical Seal.
  2. Cartridge Mechanical Seal.
Basic Mechanical Seal
Basic Mechanical Seal

Basic Mechanical Seal / Basic Seal / Conventional, pemasangannya perlu sekian tahap perhitungan untuk mendapatkan hasil kompresi yang optimal sesuai dengan petunjuk Pabrik. Perhitungan kompressi dilakukan manual. Over kompresi, resikonya pecah. Kurang kompresi, pompa bocor.

Ciri-ciri Basic/Conventional Mechanical Seal lainnya adalah:

  • Disuplai tanpa shaft sleeve, dalam kondisi terpisah antara rotatingseal dan stationary seal face.
  • Diperlukan penandaan pada shaftsleeve untuk mengetahui presisi tempat pemasangan.
  • Tempat / dudukan stationaryface adalah buatan pabrik pompa, bukan disuplai oleh pabrik MechanicalSeal. Tempat dudukan tersebut dinamakan Stationary Housing atau Gland Plate atau Gland Ring.

Berikut gambar pemasangan Basic Mechanical Seal pada Stuffing Box Pompa, perhatikanlah bahwa Gland plate merupakan part dari pompa, bukan part dari Mechanical Seal:

Sekalipun pemasangan tipe basic/conventional dapat dengan mudah dipelajari, tetapi trend penghematan biaya perawatan mengindikasikan naiknya jumlah permintaan Mechanical Seal tipe Cartridge.

Ilustrasinya sebagai berikut:

A. Loh, tipe cartridge kan mahal?

Q. Begini Bapak, menurut Anda, biaya perawatan itu terdiri dari apa saja?

A. Biaya pembelian, yaitu harga barang + ongkos beli (telpon/fax supplier, gaji purchasing, PpN).

Q. Berhentinya pompa produksi, kok tidak dimasukkan?

A. Oh, iya. Tapi itu tidak langsung dapat dihitung. Bila pompa berhenti dan tidak ada part cadangannya, maka besar nilai kehilangan adalah lamanya waktu terhentinya kapasitas produksi. Semakin lama semakin besar.

Q. Nah, dengan tipe cartridge, waktu pemasangan normal hanya ¼ waktu pemasangan dengan tipe basic (konvensional). Maka kapasitas produksi yang mungkin hilang bisa diperkecil.

A. Tapi kalo aus beli lagi kan mahal.

Q. Apakah Cartridgenya juga habis? Kan tidak? Jadi cukup beli basic mechanicalsealnya saja.

A. Oh, bisakah?

Q. Mengapa tidak? Itulah sebabnya, Manajemen Maintenance kelas tinggi memahami sekali pentingnya penghematan biaya jangka panjang. Lagipula, siapa yang biasa memasang tipe basic (konvensional) dg tingkat keberhasilan 100%?

A. Cuma Bapak, teknisi lainnya kadang berhasil, kadang tidak. Adakalanya begitu pompa distart, Mechanical Seal bocor. Bahkan baru buka valve, Mechanical Seal langsung bocor. Repotnya, rumah Bapak jauh. Sehingga jika ada kebocoran Mechanical Seal di malam hari, harus tunggu besoknya baru bisa ditangani.

Q. Nah, jika anda pakai cartridge, siapa saja teknisi pompa yg ada saat itu, tentu dia akan bisa pasang dengan baik..

Cartridge Mechanical Seal, pemasangannya tidak memerlukan setting kompresi. Pabrik Mechanical Seal telah merangkai Basic Seal di atas sleeve, melengkapi rangkaian ini dengan gland plate dan spacer.

Basic Seal
Basic Seal

Keunggulan Cartridge Mechanical Seal adalah:

  • Tidak perlu setting kompresi manual, mengurangi kesalahan pasang secara signifikan.
  • Biaya perawatan lebih rendah. Bila aus, cukup membeli basic seal.
  • Parts yang bukan cakupan Basic Seal adalah: Gland Plate, sleeve, O-Ring sleeve, Gasket, Spacer, Retaining/Snap Ring, Set Screws, Collar Drive.

    Cartridge Mechanical Seal
    Cartridge Mechanical Seal

PENTING!:

  1. Cartridge Mechanical Seal dipasang langsung pada shaft pompa, karena disuplai lengkap dengan sleeve, kecuali pada pompa tertentu.
  2. Perubahan dari tipe Basic/Conventional ke Cartridge, pada pompa yang menggunakan shaft sleeve, maka ukuran Cartridge yang dipilih menjadi lebih kecil karena shaftsleeve pompa tersebut tidak diperlukan lagi. Hasilnya,biaya perawatan dalam 2 tahun lebih murah karena bila Contact Face/Seal Face Mechanical Seal aus, Anda tidak perlu beli Cartridge komplit, cukup beli Basic Seal, atau Repair-Kit saja.
  3. Karena ukuran Basic Mechanical Seal tipe Cartridge < ukuran Basic Seal sebelumnya , maka harga jelas lebih murah. Apalagi jika perhitungan waktu down time ikut dimasukkan dalam pertimbangan.
  4. Biaya perawatan lebih murah juga terjadi apabila ada perubahan tipe fluida, pressure atau temperatur, cukup dilakukan dengan merubah Basic Seal, tanpa harus membeli komplit cartridge. Ini bisa dilakukan pada MechanicalSeal John Crane tipe 5600 yang memiliki varian 5610 (tipe single, secondary sealing nya elastomer o-ring), ke 5611 (secondary sealing nya elastomer bellows) atau 5615 (secondary sealing nya metal bellows), 5620 (tipe double, secondary sealing nya elastomer o-ring) ke 5625 (secondary sealing nya metal bellows).
  5. Pembelian Repair Kit biasanya tidak ada garansi performance. Namun ada Brand yang bisa memberikan garansi tersebut dengan syarat Pemasangan repair-kit / basic Mechanical Seal ke dalam Cartridge, mendapat pengawasan atau dilakukan perwakilan brand.
  6. Warranty yang didapat adalah suatu penghematan biaya yang sangat besar.

Berdasarkan bebas tidaknya Gaya tekan pada Contact face.

Berdasarkan bebas tidaknya gaya yang menekan sealface untuk saling kontak, Mechanical Seal dibedakan menjadi dua:

  1. Pusher / O-Ring Mechanical Seal
  2. Non-Pusher / Bellows Mechanical Seal

Pusher / O-Ring MechanicalSeal, punya O-Ring yang bebas bergerak sepanjang shaft sleeve untuk menjaga gaya tekan rotary seal face ke stationary seal face. Fitur ini mengakomodasi ausnya rotary seal face dan kekurang lurusan pemasangan. Keuntungan tipe ini adalah harganya tidak terlalu mahal dan tersedia dalam berbagai varian dan konfigurasi. Kelemahannya adalah terjadinya kemacetan yang diakibatkan oleh menumpuknya kotoran, dan mengakibatkan fretting (baca tentang FRETTING di sini) pada shaft atau shaft sleeve. Berikut ini gambarnya:

O-Ring Mechanical Seal
O-Ring Mechanical Seal

Non-Pusher / Bellows Mechanical Seal, tipe ini tidak harus bergerak sepanjang shaft atau shaftsleeve untuk menjaga taut-eratnya kontak sealfaces. Keuntungan utama seal ini adalah kemampuannya mengatasi aplikasi temperatur sangat tinggi dan sangat rendah tanpa memerlukan O-Ring, sehingga terhindar dari masalah kemacetan O-Ring. Ada 2 tipe Bellows Mechanical Seal yaitu: Rubber/Elastomer Bellows dan Metal Bellows. Kelemahannya, untuk metal bellows, materialnya perlu di up-grade pada lingkungan yang korosif. Berikut gambarnya:

Bellows Mechanical Seal
Bellows Mechanical Seal

Berdasarkan besar kecil nya area contact face yang mengalami penekanan.

  1. Un-Balanced Mechanical Seal
  2. Balanced Mechanical Seal

Un-Balanced Mechanical Seal, tipe ini tidak mahal, jarang bocor dan cenderung lebih stabil dalam mengatasi vibrasi, mengatasi kekurangan pada alignment, dan kapitasi. Kelemahannya adalah tipe-tipe tersebut relatif hanya memiliki batas daya tahan tekanan yang rendah. Berikut gambar dari tipe Un-Balanced:

Un-Balanced Mechanical Seal
Un-Balanced Mechanical Seal

Balanced Mechanical Seal, suatu penyesuaian design yang meminimalkan gaya hidrolis yang diperlukan untuk menutup contactface. Rotating sealfacenya memiliki bentuk yang berbeda. Perubahan bentuk ini tentu akan menghasilkan semakin tinggi daya tahannya terhadap pressure, rendahnya beban sealfaces dan panas yang ditimbulkan lebih rendah. Oleh karenanya tipe ini cocok untuk aplikasi fluida yang lubrikasinya kurang dan tekanan penguapan yang tinggi seperti Light Hydricarbons. Berikut gambarnya:

Balanced Mechanical Seal
Balanced Mechanical Seal

Berdasarkan jumlah Basic Mechanical Seal dalam satu rangkaian

  1. Single Mechanical Seal
  2. Double Mechanical Seal

Single Mechanical Seal, hanya terdiri dari 1(satu) unit Basic MechanicalSeal per set rangkaian.

Double Mechanical Seal, terdiri dari 2(dua) unit Basic MechanicalSeal per set rangkaian. Unit paling di dekat impeller disebut denganInboard Seal / Impeller-side Seal, sedangkan unit di sisi atmosphere disebut dengan Outboard Seal / Atmosphere-side Seal.

Semoga bermanfaat.

Jual Mechanical Seal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.